Bahasa Farsi dan Bahasa Arab: Dua Bahasa Berbeda yang Terlihat Sama

Bahasa Farsi

Banyak orang di dunia ini mengira bahwa bahasa Arab dan Bahasa Farsi adalah bahasa yang sama, seperti halnya bahasa Indonesia dan bahasa Melayu yang hampir sama. Namun kenyatannya tidaklah sama. Bahasa Bahasa Farsi dan bahasa Arab adalah bahasa yang sama sekali berbeda. Untuk membandingkan antara bahasa Arab dan Bahasa Farsi dapat dilihat dari hal berikut;

 Alfabet Arab 

Pada dasarnya bahasa Arab dan Bahasa Farsi adalah dua bahasa yang berbeda namun keduanya menggunakan alfabet yang sama. Seperti yang di ketahui bahwa alfabet Arab merupakan dasar dari berbagai bahasa yang berbeda meliputi bahasa Kurdi, Pashto, Urdu, hingga Bahasa Farsi itu sendiri. Tak hanya itu saja, bahkan dalam bahasa Turki, mereka ditulis dalam alfabet Arab sampai abad terakhir. Dalam setiap bahasa tersebut, mereka memiliki masing- masing variasi yang berbeda- beda dalam penulisan alfabetnya akan tetapi semua bahasa itu memiliki Bahasa Arab sebagai dasar alfabet mereka. 


 



Mereka memang terlihat sama, namun sangat berbeda saat diucapkan Pada dasarnya alfabet yang digunakan memanglah sama, semua menggunakan huruf Arab, namun bahasanya sama sekali berbeda. Seperti misalkan bahasa Inggris dan Indonesia, kedua bahasa ini memiliki alfabet yang sama dari A sampai Z namun, keduanya memiliki pengucapan dan arti yang sangat berbeda. Contoh lainnya ada;ah bahasa Purtugis dan Perancis, meski mereka memiliki alfabet yang sama, namun arti dari bahasa mereka sangat jauh berbeda.



 


Kelompok Bahasa dan Keluarga


Bahasa Farsi dan bahasa Arab sebenarnya memiliki makna yang jauh lebih berbeda dari Portugis dan Prancis. Seperti yang di ketahui bahwa bahasa Portugis dan Prancis sama-sama bahasa Romance atau bahasa Latin. Sementara perbandingannya jika bahasa Arab dan Bahasa Farsi mewakili dua kelompok bahasa yang berbeda: bahasa Semit dan bahasa Iran. Keluarga bahasa Farsi ada di keluarga Indo-Eropa, sementara Bahasa Arab ada dalam keluarga Afro-Asia. Tentu saja ini sangat jauh berbeda dalam hal arti dari setiap kata dalam bahasanya, namun mereka hanya memiliki kesamaan dalam penggunaan alfabet saja.


Baca juga info : kursus bahasa arab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab

Darimana Bahasa Arab dimulai?

Ilmu Yang Penting Untuk Memahami Al- Qur'an